Langsung ke konten utama

Lomba Nasional yang berawal dari rasa iseng

hello, kali ini gua mau menceritakan pengalaman gua mengikuti lomba nasional di jakarta tahun 2016. Lomba ini murni karena keisengan gua dan rasa penasaran gua waktu itu. untuk lebih lengkapnya silakan baca cerita di bawah ini.
ketika gua duduk di bangku kelas 2 SMA, gua mendapatkan mata pelajaran Ekonomi kreatif. seharusnya mata pelajaran ini adalah mata pelajar pilihan yang artinya orang yang memilihnya lah yang dapat mengikutinya. Namun hal itu berbeda di sekolah gua dulu. Mata pelajaran peminatan di sekolah gua ditentukan oleh pihak sekolah dan oleh sebab itu gua mendapatkan mata pelajaran ekonomi ini.

semakin lama gua mempelajari ilmu ekonomi semakin tinggi rasa penasaran gua tentang wirausaha. oleh sebab itu gua akhirnya iseng-iseng untuk berjualan di sekolah. Jujur saja awalnya gua malu untuk berjualan di Sekolah, tapi berkat salah satu teman sekelas gua, intan, ia membantu gua dengan menawarkannya kepada teman lainnya di saat pertama kali gua membawa dagangan. jujur saja gua merasa tertolong karena sifat intan yang ceriwis waktu itu dan juga Gua bersyukur karena temen-temen gua tidak menganggap aneh kelakuan gua sewaktu itu. Waktu terus berlalu, gua masih tetap berjualan sambil mempelajari pembukuan hasil dagang tersebut. sampai suatu hari gua mendapat kabar dari temen gua yang merupakan anak kir bahwa ada lomba karya tulis. Ia menawarkan kepada gua. Tentu awalnya gua pasti bertanya mengenai tema yang akan dibawakan. setelah mengetahui bahwa tema dari Lomba tsb adalah tentang kewirausahaan, muncul rasa iseng gua untuk membuat karya tulis tersebut. Cukup lama gua mengarang dan mempelajari cara menulis karya tulis yang benar dan sampai akhirnya karya tulis iseng itu selesai gua buat.

oh iya penyelenggara perlombaan ini adalah AHM atau biasa dikenal astra Honda Motor dengan tema Astra Honda Motor Best Student. Sebetulnya perlombaan di honda itu memiliki banyak kriteria. contohnya adalah memiliki prestasi akademik atau non akademik, aktif berorganisasi dan masih banyak lagi. beruntung sebelum lomba itu diadakan gua berhasil mendapatkan juara 2 Speech bahasa jepang tingkat provinsi. Dengan bermodalkan hasil lomba itu gua dapat memenuhi kriteria sebagai calon peserta lomba. Setelah karya tulis dan lainnya gua lampirkan gua tinggal menunggu hasil perlombaan. awalnya gua fikir gua tidak lolos dalam perlombaan, ternyata pengumuman perlombaan memang belum dirilis atau diperpanjang masa penyeleksiannya. Akhirnya tiba juga hasil pengumuman keluar. dan ganyangka gua berhasil masuk tahap selanjutnya atau bisa dibilang gua akan diadu di tingkat regional lampung.

Setelah dinyatakan lolos, ternyata lomba selanjutnya adalah lomba presentasi hasil karya tulis yang telah dibuat. Mengetahui hal itu akhirnya gua membuat presentasi seadaanya. Jujur saja pengalaman gua membuat presentasi tidak lah banyak dan cenderung membosankan. meskipun begitu gua tetap membuatnya dengan harapan gua bisa lolos hingga tahap nasional. batas pembuatan presentasi kurang lebih 3 minggu dan gua baru serius membuat presentasi H-3 dari perlombaan. Nyaris aja gua ngebuang kesempatan gua buat jalan-jalan gratis wkwkwk.. Akhirnya setelah 3 hari dengan sistem Kebut semalam gua berhasil menyelesaikan powerpoint dan tinggal menghafalnya sedikit-sedikit.

Akhirnya tibalah masa presentasi. Jujur gua deg-degan sewaktu mau presentasi. sebelum presentasi, setiap kontestan diperkenankan untuk unjuk kebolehan atau unjuk bakat. Pada unjuk kebolehan gua memutuskan untuk bernyanyi sambil bermain gitar. Gua membawakan lagu ciptaan gua sendiri pada hari itu. Singkat cerita akhirnya mulailah gua berpresentasi. akibat gua gugup ada beberapa kata yang salah ucap saat itu. Untung aja gua bisa nutupin hal tersebut. setelah selesai berpresentasi beberapa juri mulai menanyakan pertanyaan yang cukup rumit menurut gua. Mereka mulai menanyakan analisis SWOT produk yang gua jual waktu itu. Gua yang waktu itu masih awam tentang istilah SWOT akhirnya menjawab dengan jujur bahwa gua belum mengenali apa itu analisis SWOT. Beruntung Juri-juri perlombaan dengan baik hati menjelaskan dan tentu itu menjadi bahan pembelajaran buat gua. Tak terasa akhirnya Seluruh kontestan telah menyampaikan presentasi dan tiap peserta dipersilakan untuk beristirahat sembari juri berdiskusi hasil perlombaan.

jeng-jeng-jeng... Pengumuman akan dibacakan. Juara satu, dan dua sudah dibacakan. Tinggal juara 3 lah yang menjadi harapan gua. Sewaktu mau dibacain tuh hasil juara 3 gua deg-degan setengah mati dan akhirnya pengumuman dibacakan. "Juara 3, Dimaz Adhitya dari SMAN 3 B.Lampung" kata pembawa acara. Sontak gua langsung teriak Alhamdulillah !!! Bisa dibilang itu rasanya anjyay gua hoki banget wkwk. Setelah dibacakan pengumuman, para juara disuruh berbaris untuk berfoto bersama. Jujur gua ganyangka rasa iseng gua berbuah prestasi buat gua.

setelah selesai perlombaan tingkat regional, para finalis diwajibkan ikut perlombaan nasional di Jakarta. Untungnya segala sesuatu sudah diurus dan diatur oleh pihak pengada lomba. Jadi gua tinggal berangkat dan berlomba. sebelum tiba lomba di jakarta kami dilatih berpresentasi yang baik oleh pihak honda lampung. kami diajarkan berbagai softskill sebagai bekal kami untuk berlomba di tingkat nasional. Waktu persiapan adalah sekitar 2-3 minggu. Setelah itu kami berangkat ke Jakarta untuk berlomba.

Usai sudah persiapan, akhirnya kami berangkat ke jakarta. kami berangkat menggunakan pesawat dan sampai dengan selamat. setelah sampai, kami (para finalis) dijemput oleh bis besar di bandara Soekarno Hatta. Dalam bus itu ada banyak pelajar dari berbagai penjuru negeri. Ada yang dari aceh, medan, jambi hingga yang paling jauh dari papua. Kami yang telah hadir di bandara dipersilakan untuk memasuki bus untuk diantarkan ke penginapan. Kami menginap di hotel Santika Jakarta. sesampainya di hotel, kami pikir kami akan disuruh check in dan beristirahat terlebih dahulu. akan tetapi faktanya berbeda. setelah sampai kami disuruh registrasi dan langsung lomba berpresentasi. Tiap-tiap kontestan diarahkan ke ruangan perlombaan. Singkat cerita akhirnya perlombaan usai diadakan. Bila gua perkirakan, waktu perlombaan itu adalah kurang lebih hanya dua jam. Setelah selesai perlombaan masih banyak kegiatan setelahnya karena kami di Jakarta selama 4 hari. Setelah perlombaan setiap kontestan disuruh hadir ke ruangan aula besar untuk mengikuti rangkaian acara lainnya. Di aula itu diadakan beragam kegiatan seperti games, perkenalan, pembentukan kelompok dan pembagian ruangan. Gua dapet pasangan ruang yang bernama dimas juga. Jadi bisa dibilang kamar gua dihuni oleh dimas kombi. setelah usai perlombaan kami diajak berkunjung ke pabrik Honda di cikarang. Disana kami banyak mendapatkan ilmu-ilmu baru. dan pada malam harinya kami diberi makan di restoran jepang. HOHOHO jujur aja yak itu gua baru pertama kali kesana. So you know lah ya gimana katroknya gua wkwkwk. gua sama beberapa teman gua yang berasal dari beragam daerah memilih duduk bersama sembari menikmati hidangan.  kami diberikan kebebasan untuk makan segala jenis makanan yang ada di restoran itu sampai kenyang. Gak pake lama gua sama temen gua ngambilin berbagai daging untuk dibakar. Satu hal yang gua inget disitu adalah temen-temen gua pada jago pake sumpit, sedangkan gua pake sendok wkwkwk. ya lord noraknya gua haha..
setelah makan semua peserta diperintahkan tidur karena esok hari ada acara yang akan dihadiri.

Di hari ke-2 kegiatan kami adalah mengunjungi pabrik honda di cikarang. kami belajar dari petugas yang ada di pabrik dan melihat langsung proses pembuatan kendaraan bermotor. menurut gua ini hal yang menarik karena gua suka banget sama yang namanya motor. Melalui situlah gua melihat segala prosesnya.

Di hari ke-3 kami diajak untuk mengunjungi makam nasional. Kami diajak mengunjungi makam Alm Ainun, Istri Prof. B.J. Habibie. Usai tabur bunga dan berdoa bersama, kami diajak untuk mengunjungi mantan presiden Habibie. Bener-bener ga nyangka gua bisa ketemu pak habibie karena keisengan gua waktu itu. Kami mengunjungi habibie di kediamannya di daerah kuningan. Kami diajak berkunjung ke perpustakaan Habibie dan mendapatkan materi dari beliau. Sungguh pengalaman yang tak terduga bagi gua. Gua bersyukur keisengan gua waktu itu membawa gua bertemu salah satu tokoh bangsa. Di akhir materi kami berfoto bareng dengan pak Habibie di halamannya. Seusai acara di kediaman Bapak Habibie kami pun diajak nonton gratis film Rudi Habibie di epicentrum. itu rasanya gak bisa dijelasin lagi gimana yang gua rasain. lomba cuma 2 jam tapi sisanya seneng-seneng sama jalan-jalan aja.

dan pada hari ke-4 kami diajak bermain ke dufan. Sebenernya itu bukanlah kali pertama gua kesana, tapi gua tetap aja merasa excited.. ada satu pengalaman yang gua inget yaitu sewaktu gua main arung jeram. bodohnya gua ketika bermain ini adalah ga bawa baju ganti karena kalo misalkan lu main ini pasti baju udah positif basah. Dan akhirnya gua terpaksa beli baju disana buat ganti baju gua yang basah. selain atraksi arung jeram ada banyak wahana yang gua mainkan bersama temen-temen lain. sampai akhirnya kami pulang ke hotel untuk persiapan pengumuman juara perlombaan. usai beberes dan mandi kami kembali untuk mengikuti pengumuman perlombaan. Dan pengumuman pun di umumkan. Gua kalah di tahapan Nasional ini. Teman gua dari Bangka, dan medan beruntung karena mereka berhasil memenangkan perlombaan. Tapi itu semua tidak apa. karena ada banyak nilai lainnya yang bisa gua dapatkan di perlombaan ini. Dapat berkenalan dengan puluhan siswa dari seluruh penjuru nusantara, pelatihan dan materi yang diberikan oleh pihak AHM sangat bermanfaat untuk kami. Untuk itu meskipun gua belum berhasil pada perlombaan itu gua sangat bersyukur kepada tuhan. Gua bersyukur diberikan kesempatan berharga seperti itu. Jujur aja ini lomba nasional pertama gua seumur idup hehehe.. setelah pengumuman kami menikmati acara dan suguhan makan malam yang dihidangkan. usai makan kami berfoto bersama lalu kembali ke hotel untuk persiapan karena esok hari kami harus kembali ke kota masing-masing.

setelah pulang, gua tetap berkomunikasi dengan teman AHMBS melalui grup line. Pengalaman ini ga bakal gua lupain. Pengalaman lomba yang berawal dari keisengan gua dan rasa ingin tahu gua berwirausaha.

Buat temen-temen disini yang baca ada beberapa hal yang bisa dipetik disini:
  1. Setiap perbuatan yang lo lakuin hari ini itu akan berimbas kepada masa depan lu. jadi lakukanlah yang terbaik ..
  2. Ikuti rasa ingin tahu lo. Siapa tau itu bisa membuka pintu pengalaman buat lo. Ini dah pernah gua alamin dan siapa tau terjadi di diri anda masing-masing. Tapi inget ikutin rasa penasaran yang positif. jangan mengikuti rasa penasaran yang negatif seperti merokok, mencuri, Narkoba dll.
  3.  Tetaplah jalani hari sepenuh hati karena kita tidak tahu kapan hal baik akan menghampiri..

Postingan populer dari blog ini

Selalu ada hikmah dibalik kesulitan asalkan kita selalu berusaha

Hello semua, sekarang gua mau bercerita tentang pengalaman gua semasa SMA. bila membahas SMA tentu yang terbayang di benak kita adalah kenangan romansa dan kisah-kisah konyol. masa sma senantiasa berlalu begitu saja dan tak terasa setiap anak sma harus menghadapi ujian masuk perguruan tinggi. seperti yang kita ketahui ada 3 jalur masuk kuliah yaitu, SNMPTN (undangan), SBMPTN, dan Mandiri.  Disini gua mau menceritakan pengalaman gua sewaktu kelas 3. Sewaktu gua duduk di kelas 3, gua memiliki cita-cita untuk menjadi seorang dokter. Ada beberapa alasan mengapa gua ingin menjadi dokter masa itu. Menurut gua dokter itu merupakan profesi yang memiliki prestise tinggi dan menjanjikan. Selain itu, orang tua gua yang bermimpi untuk memiliki anak seorang dokter. Atas dasar itulah gua akhirnya memilih kedokteran sebagai pilihan pertama gua saat ingin mengikuti tes SNMPTN atau jalur undangan. meskipun gua menyukai pelajaran biologi, gua juga cukup menikmati ilmu fisika. Bisa dikatak

Menurunkan Berat Badan 30 kg Lebih

Diet adalah salah satu upaya pengurangan kalori yang masuk atau dikonsumsi oleh tubuh dengan tujuan agar tubuh mengalami defisit kalori. Keadaan seperti ini akan mengharuskan tubuh memakai kalori yang tersimpan dalam bentuk lemak dalam tubuh. Penulis akan menuliskan cerita diet yang penulis alami. alasan awal penulis memutuskan untuk diet adalah penampilan penulis sendiri yang gemuk, pendek sehingga membuat penampilan menjadi kurang menarik. Berat awal penulis adalah 88 kg. Hal ini jelas overweight (kelebihan berat) untuk anak 15 tahun. namun sekarang berat saya hanya 55 kg. bagi yang ingin meniru jejak saya harap bersabar membaca kisah saya. kisah ini saya alami mulai dari awal masuk SMA dan sukses setelah naik kelas 2 SMA. nah, dari sini bisa disimpulkan tidak ada usaha yang akan membuahkan hasil secara instan. kebiasaan mengkonsumsi kalori berlebih, makanan yang tidak terjaga keseimbangan proporsi-nya menjadi faktor yang membuat manusia menjadi obesitas. Sering kita ju