Langsung ke konten utama

Menurunkan Berat Badan 30 kg Lebih


Diet adalah salah satu upaya pengurangan kalori yang masuk atau dikonsumsi oleh tubuh dengan tujuan agar tubuh mengalami defisit kalori. Keadaan seperti ini akan mengharuskan tubuh memakai kalori yang tersimpan dalam bentuk lemak dalam tubuh.

Penulis akan menuliskan cerita diet yang penulis alami. alasan awal penulis memutuskan untuk diet adalah penampilan penulis sendiri yang gemuk, pendek sehingga membuat penampilan menjadi kurang menarik. Berat awal penulis adalah 88 kg. Hal ini jelas overweight (kelebihan berat) untuk anak 15 tahun. namun sekarang berat saya hanya 55 kg. bagi yang ingin meniru jejak saya harap bersabar membaca kisah saya. kisah ini saya alami mulai dari awal masuk SMA dan sukses setelah naik kelas 2 SMA. nah, dari sini bisa disimpulkan tidak ada usaha yang akan membuahkan hasil secara instan.
kebiasaan mengkonsumsi kalori berlebih, makanan yang tidak terjaga keseimbangan proporsi-nya menjadi faktor yang membuat manusia menjadi obesitas.

Sering kita jumpai makanan kaya lemak yang akan menjadi cikal bakal badan gemuk. . 

pada awal diet penulis memantapkan niat untuk berubah serta tak lupa memohon restu orang tua. untuk tahap awal diet penulis mulai mengurangi mengkonsumsi karbohidrat dan menghindari mengkonsumsi makanan yang berlemak tinggi. bahkan pada saat hari raya tiba, penulis tidak menyentuh ketupat daging yang memang ciri khas dari kampung penulis yaitu bukittinggi. meskipun berlibur ke Bukittinggi, penulis tetap menjaga pola makan yang sehat. 

berbagai informasi mengenai diet bahkan penulis cari. mulai dari diet OCD, diet Mayo, bahkan puasa juga saya cari. berikut langkah-langkah yang telah saya lakukan untuk diet :
  1. Memantapkan niat
maksud dari memantapkan niat adalah bersikap konsisten untuk berdisiplin menjalankan hal yang berkaitan dengan diet. kalau penulis dulu jika hampir tergoda makanan yang berlemak tinggi adalah berkaca. Mengapa berkaca ? hal ini karena dengan berkaca kita akan mengevaluasi diri sendiri dan juga perlu diketahui bahwa saya membenci diri saya yang dulu. semakin muak saya dengan penampilan saya, semakin kuat tekad saya untuk berubah.

     2. Memaksakan diri ber-olahraga.
Olahraga adalah kegiatan yang paling saya benci. mulai berlari, melompat, dan angkat beban juga saya hindari pada saat masih gendut dulu. mungkin sebagian orang sama dengan saya. karena penampilan saya, saya jadi malu, minder dan berkecil hati untuk ber-aktivitas. 
Untuk mengubah semua itu saya melakukan hal yang paling saya benci yaitu olahraga.

Jogging adalah olahraga yang mampu membakar kalori yang cukup banyak. dulu bila saya jogging hanya mampu 2 putaran lapangan saja. namun walaupun hanya 2-3 putaran hal tersebut tetap saya lakukan rutin. untuk membuat tubuh saya panas saya mengenakan jas hujan. memang aneh kalau dipandang. tapi hal tersebut tidak saya hiraukan. karena saya percaya bahwa :
  "yang mampu mengubah kekurangan adalah diri saya sendiri, & seorang pemenang adalah orang yang telah mengalahkan dirinya sendiri."

ini adalah prinsip yang menguatkan saya untuk berubah. jadi bila ada yang ingin berubah menjadi lebih baik itu semua tergantung dari dirinya sendiri.

     3. menjaga pola makan.
untuk sarapan biasanya penulis menghindari minuman yang bergula. seperti yang kita tahu gula adalah karbohidrat. menu makanan penulis juga beragam seperti tumis kangkung, tahu yang dipanggang dan nasi. untuk minum penulis hanya mengkonsumsi air putih saja. saya juga menghindari minuman bersuhu dingin. karena dapat menggumpalkan minyak.
untuk makan siang, penulis selalu membawa bekal dari rumah.
makan malam penulis batasi hanya sampai pukul 18.00 WIB saja.

    4. Bersabar dan konsisten dengan impian sendiri.


        Ada beberapa cara diet yang telah penulis lakukan. salah satu yang menurut penulis paling ampuh ialah berpuasa. secara bahasa puasa berarti menahan. kita harus bisa menahan hawa nafsu untuk makan berlebihan. cara melakukannya terbilang sederhana. Bagi kalian yang ingin mencobanya penulis mempersilahkan, akan tetapi bila terdapat efek yang akan timbul setelahnya penulis tidak akan mempertanggung jawabkannya karena metode ini adalah pengalaman pribadi penulis.

       untuk melakukan metode ini kalian cukup berpuasa seperti biasanya seorang muslim melakukan tiap tahunnya. untuk mempermudah penulis akan menuliskan langkah-langkahnya.


  • bangunlah pada pukul 04.00 untuk sahur. Menu sahur yang biasa penulis santap adalah sayur bening ditambah sebutir telur rebus. ada beberapa yang berpendapat bahwa memakan kuning telur dapat membuat tubuh gemuk. hal tersebut bisa dikatakan sebagai benar ataupun salah. kenapa saya mengatakan seperti itu ? Kalori yang terkandung didalam sebutir telur rebus (50 gram) adalah 78 kalori. sedangkan tubuh kita memerlukan sedikitnya 1100 kalori setiap harinya. jadi untuk mengonsumsi telur itu boleh saja dilakukan asal tidak berlebihan. 


  • konsumsilah air putih sebanyak 8 gelas tiap hari. air yang masuk dalam tubuh akan banyak bermanfaat dalam hal metabolisme dan sistem lainnya dalam tubuh. juga dalam diet berpuasa. mengonsumsi air yang cukup akan membuat puasa terasa lebih ringan dan sehat bagig tubuh.
  • tetaplah beraktivitas seperti layaknya anda tidak berpuasa. berolahraga akan sangat membantu proses penurunan berat badan. pengalaman penulis dulu, saya tetap berlatih silat walaupun sedang berpuasa. dan boom hasilnya tidak buruk
  • saat buka puasa tiba, jangan mengkonsumsi apapun sebelum minum segelas air putih. meminum air putih terlebih dahulu akan membuat perut lumayan terisi sebelum makan. makanlah makanan yang tidak berminyak atau low fat. apa contohnya ? telur rebus, pepes ikan, ikan bakar adalah beberapa pilihan yang cocok. jangan mengonsumsinya secara berlebihan. makanlah dalam porsi yang sangat sedikit
  • bila ditengah malam anda lapar, saya menyarankan untuk mengonsumsi buah nanas. buah nanas memiliki kandungan kalori yang tidak banyak sehingga bersahabat bagi kita yang sedang menjalani diet

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selalu ada hikmah dibalik kesulitan asalkan kita selalu berusaha

           Hello semua, sekarang gua mau bercerita tentang pengalaman gua semasa SMA. bila membahas SMA tentu yang terbayang di benak kita adalah kenangan romansa dan kisah-kisah konyol. masa sma senantiasa berlalu begitu saja dan tak terasa setiap anak sma harus menghadapi ujian masuk perguruan tinggi. seperti yang kita ketahui ada 3 jalur masuk kuliah yaitu, SNMPTN (undangan), SBMPTN, dan Mandiri.  Disini gua mau menceritakan pengalaman gua sewaktu kelas 3. Sewaktu gua duduk di kelas 3, gua memiliki cita-cita untuk menjadi seorang dokter. Ada beberapa alasan mengapa gua ingin menjadi dokter masa itu. Menurut gua dokter itu merupakan profesi yang memiliki prestise tinggi dan menjanjikan. Selain itu, orang tua gua yang bermimpi untuk memiliki anak seorang dokter. Atas dasar itulah gua akhirnya memilih kedokteran sebagai pilihan pertama gua saat ingin mengikuti tes SNMPTN atau jalur undangan. meskipun gua menyukai pelajaran biologi, gua juga cukup menikmati ilmu fisika. Bisa dikatak